Viral Insiden Minahasa, FKUB dan Polres Tala Deklarasi Bersama

  • Whatsapp
Viral Insiden Minahasa, FKUB dan Polres Tala Deklarasi Bersama

Topwarta.com, Pelaihari – Merespon viralnya insiden pengrusakan tempat ibadah umat islam di wilayah Minahasa, Polres Tanah Laut dan Forum Komunikasi Umat Beragama ( FKUB ) wilayah hukum Polres Tanah Laut menggelar deklarasi pernyataan sikap bersama pada Minggu 02/02/2020.

Dalam deklarasi itu diperoleh 5 poin penting agar sesama umat beragama di Tanah Laut selalu damai dan memegang teguh persatuan dan kesatuan, poin deklarasi tersebut yakni :

  1. Menyatakan penyesalan dan rasa sedih yang sedalam-dalamnya atas terjadinya pengrusakan tempat ibadah umat Islam diwilayah Minahasa yang dilakukan dengan cara kekerasan oleh sekelompok orang.
  2. Menyatakan penyesalan atas kejadian tersebut karena tidak mengedepankan dialog dan musyawarah, tetapi menggunakan kekerasan sehingga dapat menyulut kekerasan lainnya dan berpotensi konflik horisontal antar umat beragama.
  3. Meminta kepada aparat penegak hukum untuk segera menangani masalah tersebut secara adil dan proporsional, memberikan klarifikasi dan menjelaskan perkembangan penanganan laporan secara cepat, sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.
  4. Pemerintah daerah setempat harus secepatnya melakukan koordinasi, melibatkan para tokoh agama, dan membrikan penjelasan kepada masing – masing umatnya, sehingga masalah ini dapat segera diatasi dengan seadil – adilnya dan tidak menimbulkan masalah lain di kemudian hari.
  5. Menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Laut melalui FKUB, agar tidak mudah termakan provokasi, karena dapat merusak kedamaian, ketentraman, serta hubungan antar umat beragama yang sudah sangat harmonis di Kabupaten Tanah Laut.

FKUB dan Polres Tala Deklarasi Bersama

FKUB dan Polres Tala Deklarasi Bersama

Kapolres Tanah Laut, AKBP Cuncun Kurniadi berharap kepada Forum Komunikasi Umat Beragama, pemuka tokoh agama dan pemuka umat untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat di wilayah hukum Tanah Laut supaya tetap kondusif dan tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak tertentu.

Baca Juga   Kondisinya Stabil, Pasien Asal Banjarmasin Positif Terkena Virus Corona

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *