Ujian Nasional Dihapuskan, Kalsel Bakal Ganti Metode Assesmen KM dan SK

  • Whatsapp
Ujian Nasional Dihapuskan, Kalsel Bakal Ganti Metode Assesmen KM dan SK

Topwarta.com,BanjarmasiMenanggapi regulasi pemerintah pusat yang mulai menerapkan Penghapusan Ujian Nasional (UN), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan tidak serta merta menghapus UN tersebut secara cuma-cuma.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, H. Yusuf Effendi mengungkapkan, pihak Dinas saat ini masih menggarap metode Asesmen kompetensi minimum (KM) dan survei karakter (SK) untuk persediaan pengganti UN.

Menurutnya, dihapusnya UN ini bukan berarti berakhir evaluasi terhadap penguasaan materi peserta didik maupun proses pembelajaran berhenti. Tetapi hal tersebut merupakan suatu terobosan dimana hak guru kembali untuk menguji siswa/i nya.

Kalsel Bakal Ganti Metode Assesmen KM dan SK

“Jadi tahun ini adalah ujian nasional yang terakhir tetapi akan dirubah nanti di tahun 2021. Jadi hak guru akan kembali, guru yang membuat soal, guru yang mengevaluasi, serta guru juga yang menilai,”ucapnya saat menghadiri acara HUT SMA Negeri 5 Banjarmasin, di Jalan Sultan Adam, Selasa (21/1).

Sementara itu, ujarnya, akan ada tambahan metode yang dinamakan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, yang berfungsi untuk melihat bagaimana karaketer dan kompetensi siswa/i.

Baca Juga   Menakar Plus Minus Penghapusan Ujian Nasional

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *