Terbukti Bersalah, GM Diberhentikan dari Ketua KPU Banjarmasin

  • Whatsapp
Terbukti Bersalah, GM Diberhentikan dari Ketua KPU Banjarmasin

Topwarta.com, Jakarta – Ex-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Gusti Makmur (GM) akhirnya dinyatakan bersalah dalam putusan sidang yang dilakukan jajaran Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Rabu, (04/03) Petang.

Dalam sidang yang dilakukan di Jakarta itu, GM terbukti melanggar terbukti melanggar pasal 26 huruf c, pasal 30 huruf f, pasal 12 huruf a dan huruf b, dan pasal 15 huruf a Peraturan DKPP nomor 2 tahun 2017 tengang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilihan Umum.

“Tindakan tersebut tidak dapat dibenarkan menurut etika dan hukum,” ucap salah satu anggota majelis Dr. Ida Budhiati dalam tayangan streaming di laman Facebook DKPP yang dilakukan hari ini.

Saat itu, wanita yang kerap disapa Ida itu membacakan uraian yang salah satunya, laporan terhadap GM ke Polres Banjarbaru pada 26 Desember 2019 silam.

Seperti diketahui, GM diduga melakukan tindakan asusila dengan korban seorang remaja di bawah umur yang tengah magang di salah satu hotel berbintang di Kota Banjarbaru.

Ketua Majelis yang juga Plt. Ketua DKPP Dr. Muhammad pun membacakan putusan. Pertama, mengabulkan pengaduan yang diputus sebelumnya. Kedua, mengajukan sanksi pemberhentian tetap terhadap Gusti Makmur selaku ketua merangkap anggota KPU Kota Banjarmasin.

“Dan yang ketiga sekaligus terakhir, memerintahkan kepada KPU RI untuk melaksanakan putusan ini,” ucapnya.

Selain itu, DKPP RI juga memerintahkan kepada Bawaslu RI untuk mengawasi putusan ini. Tak lama kemudian Dr. Muhammad mengetuk palunya sebanyak tiga kali, yang artinya putusan tersebut telah ditetapkan dan sah.

Reporter : Fadlan
Editor : Mukta

Baca Juga   Bawaslu Dukung Putusan Sidang Terkait Pemecatan GM

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *