Tepat Waktu, Investor Harus Lakukan Reposisi Awal Tahun Ini

  • Whatsapp

Topwarta.com,Jakarta- Akademisi sekaligus ahli kebijakan publik Universitas Trisakti Jakarta Profesor Trubus Rahardiansyah menyebut awal tahun menjadi waktu yang tepat bagi para investor untuk kembali meninjau posisi investasinya.

Bahkan tak hanya itu, para investor menurutnya juga perlu melakukan reposisi. Berbagai hal harus disesuaikan kembali dengan melihat apa yang terjadi di 2019 dan proyeksi 2020, yaitu sesuaikan dengan profil risiko, tujuan investasi, dan target jangka waktu yang diinginkan.

“Lalu fokuslah berinvestasi, jangan mau ketinggalan dengan perbaikan iklim investasi yang semakin kondusif di tahun ini,” katanya.

Setelah melalui tahun 2019 yang penuh dengan gejolak, tahun 2020 Trubus memperkirakan akan lebih baik lagi, karena adanya penurunan ketegangan dagang antara AS dengan China, yang membuat iklim investasi lebih kondusif.

kebijakan publik Universitas Trisakti Jakarta

“Arah kebijakan suku bunga bank sentral AS The Fed pun diperkirakan lebih terarah dan lebih jelas, karena ada kemungkinan besar The Fed akan mempertahankan suku bunganya tetap sama sepanjang tahun ini, melihat situasi ekonomi dan finansial lebih baik,” bebernya.

Trubus menjelaskan, dengan iklim investasi yang lebih kondusif, maka diperkirakan arus dana dari investor global ke negara-negara di emerging market terutama di Asia, akan semakin besar. Indonesia tidak terkecuali.

Lanjutnya, apalagi diperkirakan pertumbuhan laba korporasi tahun 2020 akan lebih baik dibandingkan pertumbuhan laba pada tahun 2019. “Ini tentu akan mendukung pasar saham Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, Trubus mengungkapkan reformasi kebijakan yang akan dilakukan pemerintah akan menjadi katalis positif dan semakin mendukung pasar saham Indonesia yang diperkirakan semakin membaik secara bertahap.

Baca Juga   IMA Kalsel Peduli Tenaga Medis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *