Tanggulangi Covid-19, Dahnial Kifli Apresiasi Atas Segala Pengorbanan Insan Kesehatan

  • Whatsapp

Topwarta.com, Pelaihari – Bertepatan dengan Hari Jadi ke-70 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jum’at (14/8/2020) digelar acara launching swab masif yang bertempat di Eks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hadji Boedjasin Pelaihari. ( 14/8 )

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut (Tala) Hj. Nina Sandra melaporkan bahwa Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor telah mencanangkan swab masif terhadap 10 ribu penduduk Kalsel dan di Kabupaten Tala sendiri ditargetkan sebanyak 791 orang mulai tanggal 14 hingga 17 Agustus 2020.

Lebih lanjut Nina Sandra mengungkapkan, sasaran dari swab masif itu sendiri ialah masyarakat yang kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi positif yang belum diswab, kasus suspect yang belum diswab, kasus probable yang belum diswab, masyarakat dengan hasil rapid test reaktif, kelompok yang rentan seperti panti asuhan, asrama serta pegawai negeri sipil.
“Swab masif ini dilaksanakan serentak di 19 Puskesmas, Fasyansus dan Rumah Sakit. Untuk pemeriksaan sampel akan dikirim ke RSUD Ulin Banjarmasin sesuai zonasi yang telah ditetapkan provinsi,” terang Nina.

Diketahui dari 677 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, 440 orang telah dinyatakan sembuh dan 20 orang meninggal dunia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tala H. Dahnial Kifli menyampaikan apresiasi kepada insan kesehatan yang telah berjuang dalam menangani kasus Covid-19 di Tala.
Ia pun meyakini presentase kesembuhan kasus Covid-19 di Tala berangsur-angsur meningkat. Tak lupa Dahnial berpesan kepada semua pihak untuk menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, makan-makanan yang bergizi dan teratur berolahraga serta optimis bahwa Covid-19 akan segera berlalu.
“Sudah 65 persen dan saya yakin progres ini akan berangsur-angsur naik terus persentase kesembuhannya,” ujar Dahnial.

Turut berhadir Kepala Dinas Sosial Tala Ir. Norhidayat, Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Tala H. Bambang Kusudarisman serta para tenaga medis.

Baca Juga   Sengketa Lahan PT BIB dan HRB, Warga Adat di Tanbu Gelar Aksi

Penulis : Tony Widodo

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *