Prie GS : Rajin Membaca, dimulai dari Jangan Malas Bergerak

  • Whatsapp
Prie GS membeberkan tips menumbuhkan minat baca ala dirinya.

Topwarta.com,Banjarmasin- Budayawan sekaligus penulis buku ‘Waras di Zaman Edan’, Prie GS membeberkan tips menumbuhkan minat baca ala dirinya.

Menurutnya, untuk menumbuhkan minat baca dikalangan masyarakat Indonesia yang sekarang ini tergolong sangat rendah, diawali dari diri sendiri. Yakni dengan kemauan menghilangkan kebiasaan buruk, seperti malas bergerak.

“Jangan dimanjakan setiap kemalasan, enak malas itu musuh kemajuan. Maka jika kita ingin bergerak kemalasan itu harus di hilangkan, harus dilawan,” ucapnya pada acara Berkah Membaca di Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (5/2/2020).

Lanjutnya, Penulis sekaligus Penyair yang bernama lengkap Supriyanto GS ini menjelaskan jika seseorang menemui satu eksamen (red : pengujian / tantangan) maka akan menimbulkan sebuah rangsangan pada diri untuk mengembangkan sel otak. Maka membiasakan diri untuk membaca bisa merangsang kecerdasan.

“Karena bangsa-bangsa yang cerdas memiliki reading habit yang bagus, filosofinya mencerdaskan, memintarkan orang itu. Kalaunya pintar, menjengkelkan saja kan menarik. Jadi orang pinter itu kadang menjengkelkan tapi kita cari,”ucap Kartunis dan mantan wartawan ini.

Prie GS membeberkan tips menumbuhkan minat baca ala dirinya.

Prie GS menilai bahwa saat ini kebiasaan membaca kalah dengan kebiasaan menonton. Kenyataan ini menjadi tugas perpustakaan yang kini juga harus bisa menghadirkan ketertarikan lebih kepada masyarakat. Menurutnya, saat ini hampir 75 persen manusia merupakan makhluk visual, yang menurut Prie merupakan spesies manusia terbesar.

“Jadi menonton itu fitrah. Jadi anggapan video lebih baik dari gambar dan teks itu fitrah, penghuni audio visual pun penghuni terbanyak di spesies manusia. Jadi kalau kalian mau buat siar buatlah audio visual termasuk di perpustakan,”tutupnya.

Reporter : Aya
Editor : Akbar Laksana

Baca Juga   Gemar Mengikuti Program Intercultural, Mahasiswi ULM ini lolos ke Korea Selatan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *