Pesona Indahnya Pasar Terapung di Banjarmasin

  • Whatsapp

Topwarta.com, Banjarmasin – Jual beli di perairan dengan perahu atau yang biasa disebut ‘Pasar Terapung’ merupakan wisata khas yang dimiliki Provinsi Kalimantan Selatan.

Bahari, pasar terapung ini mudah ditemui dan memang menjadi pasar andalan pribumi orang Banjar (suku Banjar) karena transportasi sungai zaman itu yang menjadi andalan.

Sekarang, pasar terapung ini hanya bisa ditemui di tiga tempat saja yaitu : Pasar Terapung Kuin, Pasar Terapung Lok Baintan dan Pasar Terapung Siring Sungai Martapura.

Pasar Terapung Kuin : Ini terletak di atas muara Sungai Barito, lokasinya berada di Kelurahan Kuin Utara Kota Banjarmasin.

Pasar Terapung Lok Baintan : Ini berada di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Sedangkan yang terbaru yakni Pasar Terapung Siring Sungai Martapura. Pasar terapung ini merupakan pasar buatan Pemko Banjarmasin, guna melestrikan warisan budaya sungai satu-satunya di Indoenesia ini.

Pasar Terapung Siring Sungai Martapura lokasi nya di tengah kota Banjarmasin, berdekatan dengan wisata Menara Pandang Banjarmasin, dan Wisata Tugu Bekantan Banjarmasin atau orang menyebutnya ‘Siring’.

Wisata khas yang dimiliki Provinsi Kalimantan Selatan.

Di Pasar Terapung ini para pedagang merapat di area pinggiran siring, pasar terapung ini paling ramai di kunjungi di bandingkan Pasar Terapung Kuin dan Pasar Terapung Lok Baintan, mungkin karena mudahnya akses dan durasi beroperasinya pasar tradisional ini yang cukup panjang sehingga menjadikan Pasar Terapung Siring Sungai Martapura favorit masyarakat Banjarmasin untuk mengisi waktu liburan.

Seputaran percakapan masyarakat, ucapan yang sering kali di lontarkan untuk para pendatang Banjarmasin yaitu “Belum ke Banjarmasin kalau belum mengunjungi Pasar Terapung Siring Banjarmasin”.

Tempat ini memang menjadi tempat favorit masyarakat sekitar untuk menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung kesini dan melihat aliran sungai dan pemandangannya. Pasar terapung siring sungai martapura menjadi salah satu pesona kota Banjarmasin.

Baca Juga   INGIN TAMPIL UP TO DATE, SIMAK TREND RAMBUT WANITA 2020 BERIKUT INI

Pasar terapung merupakan budaya khas Indonesia khususnya daerah Kalimantan Selatan, sebagai generasi penerus sudah selayaknya kita menjaga dan melestarikan budaya tersebut agar di kenal oleh anak cucu kita dan tidak tergeserkan oleh budaya barat yang banyak merusak moral anak bangsa.

Catatan : Untuk menikmati pesona pasar terapung, wisatawan hendaknya mencarter atau menyewa perahu mesin atau ‘kelotok’.

Penulis : Syaiful

Editor : Hamdani

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *