Pasca Banjir Warga Sering Diserang Diare dan DBD

  • Whatsapp
kesehatan

 

 

topwarta.com, Pelaihari – Maraknya bencana alam yang terjadi di Kalimantan Selatan seperti banjir yang marak terjadi pada beberapa waktu terakhir ini mengakibatkan potensi berbagai macam penyakit merebak.

Dampak bencana alam yang dinilai mengancam kesehatan masyarakat ini, khususnya pasca banjir membuat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut, Hj. Nina Sandra, angkat bicara.

Ia berasumsi ada beberapa penyakit yang potensial menggangu kesehatan masyarakat dan perlu diwaspadai pasca banjir, diantaranya adalah diare dan demam berdarah.

Dijelaskannya, penyakit diare berkaitan erat dengan konsumsi air bersih untuk minum dan masak. saat musim penghujan, khususnya saat banjir, banyak sumber air bersih termasuk sumur dan air ledeng ikut tergenang dan tercemar, sehingga kondisi ini berdampak pada sulitnya mengakses air yang layak untuk dikonsumsi.

Maraknya bencana alam yang terjadi di Kalimantan Selatan

“Diare dapat menular dengan cepat dari satu individu ke individu lainnya, karena selain akses air bersih yang sulit, juga kontaminasi kuman ‘agent’ diare bisa menjalar ke tempat – tempat yang menjadi sumber mata air minum bersama,” jelas Nina.

Baca Juga   Kontrol Pencemaran Udara DLH Rutin Periksa Emisi Kendaraan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *