Paman Birin Bagikan 12 Ribu Sertifikat Gratis Guna Hindari Mafia Tanah

  • Whatsapp

Topwarta.Com,Banjarbaru– Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan 12 ribu sertifikat tanah gratis kepada masyarakat guna menghindari mafia tanah.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengatakan penyerahan 12 ribu sertifikat tersebut adalah bagian dari program prioritas nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan Kanwil BPN Kalsel pada tahun anggaran 2020.

“Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat pemilik tanah agar mendapatkan kepastian hukum atas aset tanah yang dimilikinya,” katanya, Rabu(29/7) di Gedung Idham Chalid Setdaprov Kalsel.

Ia menyampaikan agar para kepala desa atau pembakal taat prosedur dan syarat yang berlaku dalam memberikan surat keterangan tanah (SKT) guna menghindari terjadi tumpang tindih kepemilikan tanah sehingga menimbulkan masalah hukum.

Lanjutnya, program PTSL sangat menguntungkan baik di kota dan desa. Kepada masyarakat yang tanah belum memiliki sertifikat agar segera mendaftarkan dengan taat prosedur yang ditetapkan ke BPN.

Sementara itu Kakanwil BPN Kalsel, Alen Saputera mengakui masih banyak overlapping kepemilikan tanah di Kalsel karena peta tanah yang terpecah-pecah. Namun semenjak 2012 sudah dibuatkan satu peta saja.

“Kendala pertanahan di Kalsel adalah terjadinya bencana alam Karhutla dan banjir serta kebiasaan ladang berpindah sehingga membuat bukti batas hilang,” ungkap Alen.

Namun dengan adanya program PTSL masyarakat bisa mendaftarkan tanah ke BPN agar ada legalitas kepemilikan dan tapal batas yang jelas.

Ditargetkan melalui PTSL tahun 2020 ini BPN Kalsel mampu menyelesaikan pembuatan sertifikat sebanyak 116.500 bidang tanah.

“Masyarakat yang memiliki tanah agar memanfaatkan lahannya untuk menghindari adanya mafia tanah,” pesannya.

Acara penyerahan sertifikat juga dirangkai dengan dibukanya kegiatan sosialisasi pencegahan mafia tanah oleh Paman Birin didampingi Kepala Kanwil BPN Kalsel Alen Saputra.

Baca Juga   Warga Kurau Geger, Temukan Tengkorak Manusia Dalam Karung

Penulis : Yuda
Sumber : Biro Adpim Setda Prov Kalsel

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *