Migrasi Tawon Masuk Pemukiman Warga, Sarang Sepanjang 1 Meter Dimusnahkan

  • Whatsapp

Topwarta.com,Banjarmasin- Memasuki pertengahan musim penghujan rupanya membuat tawon dengan jenis Vespa Affinis melakukan migrasi ke sela dinding rumah Fahrurrozi untuk bersarang. Tepatnya di Jalan Jafri Zam-Zam, Nomor 58, Rt 50, Rw 04 Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Kepala BPBD Kota Banjarmasin, M Hilmi mengatakan petugas Pusdalops-PB mendapatkan laporan dari pemilik rumah yang merasa resah dengan keberadaan tawon yang sangat berbahaya tersebut pada pukul 21.43 Wita.

“Dari informasi yang didapat, serangga penyengat itu sering masuk ke dalam rumah dan membahayakan anggota keluarga si pelapor,” ucapnya, Jumat (28/02) Pagi.

Tidak lama kemudian, Hilmi langsung menerjunkan 1 tim rescue dan TRC BPBD Kota Banjarmasin dan 1 buah mobil rescue terjun ke lokasi pelapor untuk segera melakukan evakuasi terhadap sarang serangga penyengat tersebut.

Hilmi menjelaskan proses evakuasi sengaja dilakukan pada malam hari, agar tidak membahayakan warga sekitar. “Pada malam hari serangga akan bersifat pasif, jadi untuk meminimalisir bahaya yang ditimbulkan, makanya kita lakukan pada malam hari,” jelasnya

Dalam proses evakuasi, petugas terkendala dengan posisi sarang yang berada di sela dinding rumah yang sempit. “Untuk mempermudah terpaksa kita lakukan sedikit pembongkaran,” ujarnya.

Dengan penuh hati-hati, petugas akhirnya bisa melakukan pengevakuasian sarang tawon yang berukuran 1 meter tersebut pada pukul 01.00 Wita.

“Selain akibat pergantian musim, keberadaan sarang tawon di pemukiman warga ini dikarenakan habitat aslinya yang terganggu,” pungkasnya.

Reporter : Fadlan Zakiri
Editor : Mukta
Foto : Ist

Baca Juga   Dirlantas Polda Kalsel Kunjungi Pos Check Point Tanah Laut

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *