Masker Kosong, Akibat Respon Berlebihan Atas Virus Corona

  • Whatsapp
Masker Kosong, Akibat Respon Berlebihan Atas Virus Corona

Topwarta.com, Banjarmasin – Kekosongan stok masker kesehatan di wilayah Kota Banjarmasin adalah efek dari respon berlebihan yang dilakukan oleh warga Banjarmasin Terkait pemberitaan tentang masuknya virus corona ke Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi. “Jadi begini, masyarakat kita sepertinya salah menyikapi tentang hal ini secara berlebihan. Bahkan yang seharusnya tidak menggunakan masker, sekarang malah memakainya,” ucapnya.

Ia mengakui jika bereadaan stok masker yang ada di Banjarmasin sekarang sedang dalam keadaan timpang. Tidak berbandingnya jumlah permintaan dengan tingginya permintaan membuat harga masker melonjak tinggi di pasaran, bahkan menjadi langka.

“Maka dari itu, penggunaan masker itu tergantung dari kapan masyarakat harus menggunakan masker,” ujarnya.

Menurutnya, penggunaan alat penyaring udara tersebut seharusnya hanya digunakan ketika ada orang yang terinfeksi atau sedang melakukan komunikasi langsung dengan penderita penyakit menular, termasuk virus corona.

“Kalau seperti itu baru kita harus memakai masker, tapi jika kita berada di lingkungan yang bersih dan sehat, maka penggunaan masker tidak perlu,” tandasnya.

Ia menyebut Dinkes sendiri sudah memiliki stok masker yang cukup, meski demikian, pihaknya tidak bisa gegabah membagikannya kepada masyarakat.

Baca Juga   Saat Launching, Paman Birin Ingatkan Pentingnya Adminduk

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *