Magang 3 Semester, Berikut Pro-Kontra dari Mahasiswa di Kalsel

  • Whatsapp
Magang 3 Semester, Berikut Pro-Kontra dari Mahasiswa di Kalsel

Topwarta.com, Banjarmasin – Sejumlah mahasiswa di Kalsel menanggapi soal Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Makarim yang baru-baru saja menginisiasi kebijakan bagi Mahasiswa Indonesia.

Kebijakan yang dinamai Kampus Merdeka itu memiliki empat point perubahan, salah satunya adalah pemberian hak untuk mengambil mata kuliah diluar pembelajaran kampus (program studi) selama 3 semester. Program magang (istilah untuk kuliah diluar pembelajaran kampus) ini menuai pro dan kontra dari kalangan mahasiswa.

Salah satunya, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, Vindyana Esteryna yang tidak mendukung sistem ini karena menurutnya ketika durasi magang diperpanjang dan perlakuan yang didapatkan dari instansi tempat magang belum disetarakan maka akan berimbas pada psikologi mahasiswa.

Program Magang 3 Semester Menuai Pro-Kontra dari Mahasiswa di Kalsel

“Magang itu tujuannya belajar dilapangan, tapi ada instansi yang membuat tempat magang sebagai tempat pencari nilai sehingga mahasiswa bukannya dapat ilmu malah diperlakukan tidak seharusnya seperti jadi officeboy (OB) sementara. Hal ini bukannya menjadi baik untuk mahasiswa, malah kemungkinan membuat mahasiswa stress,” ujar Vindy, sapaan kesehariannya.

Baca Juga   Paman Birin dukung IKA ULM Bangun Monumen Perjuangan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *