Ketua Komisi II DPRD Kalsel Kaget Belum Ada Satupun PSR Tala 2019 Dapat Rekomtek

  • Whatsapp

Topwarta.com,Pelaihari- Program Peremajaan Sawit Rakyat ( PSR ) Tahun 2019 di Tanah Laut belum ada satu pun yang mendapatkan Rekomendasi Teknis ( Rekomtek ) dari Dinas Pertanian Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut. ( 11/6 )

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Imam Suprastowo mengaku sangat terkejut mengetahui bahwa untuk program PSR 2019 di Kabupaten Tanah Laut belum ada satupun yang mendapatkan Rekomtek.

Sebagaimana di ketahui, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menargetkan peremajaan kelapa sawit perkebunan seluas 4.516 hektar pada tiga Kabupaten, yakni Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.
Besaran dana yang di keluarkan untuk peremajaan kelapa sawit tersebut adalah 25 juta perhektar dan berbentuk dana hibah.
Pada tahun 2019 Kabupaten Tanah Laut sendiri memperoleh jatah seluas 1647 hektar.
” makanya hari ini saya beserta rombongan ingin menanyakan langsung kepada Distanhorbun Tanah Laut, kendala apa yang di hadapi sehingga tidak ada satupun yang mendapatkan rekomtek ” jelas Imam.

Ditambahkannya, replating ini tidak di biayai oleh APBD maupun APBN, tapi oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit ( BPDPKS ), sehingga sayang jika tidak dimanfaatkan.

Peremajaan kelapa sawit tidak tergantung umur, namun di perlukan untuk menggantikan bibit sawit petani yang kualitas benihnya meragukan dan produksinya tidak terjamin.
” Dilapangan banyak tanaman sawit yang menggunakan bibit aspal yang tidak di keluarkan oleh balai benih dan di jual dengan harga murah ” tutur Imam.

Baca Juga   Pastikan Bantuan Sampai, Ketua Komisi II DPRD Tala Kunjungi Rumah Warga di Takisung

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *