Ketua Dewan Pers : Media Menjadi Penghangat dan Pendingin di Tahun Politik

  • Whatsapp
Ketua Dewan Pers Media Menjadi Penghangat dan Pendingin di Tahun Politik

Topwarta.com, Banjarmasin – Di tahun 2020 yang merupakan tahun politik di Kalimantan Selatan, media harus menjadi penghangat dan pendingin suasana. Media memiliki peran penting dalam menciptakan Pilkada yang damai dan berintegritas, terhindar dari konflik, khususnya pada bulan September mendatang yang menjadi puncak momen Pilkada di Kalsel.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh, saat ditemui sejumlah wartawan usai sambutannya di Seminar Hari Pers Nasional “Media Berkualitas Untuk Pilkada Damai” di Hotel Golden Tulip Galaxy Banjarmasin, Jum’at (7/2/2020).

“Tidak boleh media nempel pada satu kandidat, tetapi menolak kandidat yang lain. Melainkan media harus mengalirkan kandidat satu dengan yang lain keranah publik. Media harus bisa menjadi pendingin dikala temperatur nya sangat tinggi, dan jadilah penghangat di saat kebekuan,” ucapnya.

Lanjutnya, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan ada tiga hal yang menjadi perhatian jika terjebak pada suasana konflik antar kandidat. Pertama, hilangnya energi semua pihak karena saling mencomooh, saling mengejek, dan mencaci memaki.
“Disini perannya media untuk menjadi pendingin dan penghangat ketika kandidat satu dengan yang lain saling bertengkar,”ucapnya.

Media Menjadi Penghangat dan Pendingin di Tahun Politik

Media Menjadi Penghangat dan Pendingin di Tahun Politik

Yang kedua, dalam suasana pertengkaran antar kandidat hidup menjadi tidak berkah, karena menimbulkan gesekan dilapangan. Kesempatan untuk pengembangan ditengah masyarakat akan hilang.
“Kalau kita bertengkar energi kita terpakai untuk kita benturkan dengan yang lain, Opportunity atau kesempatan akan hilang, modal yang ingin memajukan satu organisasi, kelompok, keluarga, wilayah akan hilang,”ucapnya.

Baca Juga   Paman Birin Himbau Masyarakat Jangan Mudah Percaya Isu Virus Corona

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *