Ketimpangan Ekonomi Kian Mengerikan

  • Whatsapp
Ketimpangan Ekonomi Kian Mengerikan

Topwarta.com, Jakarta- Sebagian ahli menilai perekonomian global dewasa ini menghasilkan kondisi yang sangat memprihatinkan, Tercatat 2.153 miliarder dunia memiliki kekayaan lebih dari gabungan 4,6 miliar penduduk termiskin. Penduduk termiskin itu mencapai 60% populasi dunia yang total berjumlah 7,6 miliar orang.

“Salah satunya laporan organisasi nirlaba Oxfam yang menyoroti ketimpangan ekonomi yang lebih besar lagi dari sudut pandang gender. Tercatat 22 pria terkaya di dunia memiliki lebih banyak kekayaan daripada semua wanita di Afrika,” kata Profesor Trubus Rahardiansyah selaku pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Jakarta, Rabu (22/1).

Padahal disaat yang sama, ujar Trubus, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengungkapkan hampir setengah miliar orang di seluruh dunia saat ini menganggur atau setengah menganggur.

“Mereka mewakili 13% angkatan kerja global. Tidak sedikit pula orang yang bekerja, tapi tetap sulit membangun kehidupan yang lebih baik,” ujarnya.

Lanjutnya, akses yang minim terhadap pekerjaan yang layak terus menjadi persoalan. Dunia kian terbelit paradoks banyaknya orang bekerja keras dengan jam kerja yang panjang, tapi tetap miskin.

“Sejauh ini intervensi yang dilakukan pemerintah negara-negara seluruh dunia untuk mengubah hal itu terhitung sedikit,” ungkapnya.

Perekonomian Global menghasilkan Kondisi Yang Sangat Memprihatinkan

Menurut Trubus, PBB bahkan sampai harus mengeluarkan peringatan bahwa kurangnya akses ke pekerjaan yang layak, cepat atau lambat, akan memicu kerusuhan sosial. Wajah yang tidak jauh berbeda juga masih terlihat di Indonesia. Oxfam pada 2017 menyebut harta gabungan empat orang terkaya di negeri ini setara dengan milik 100 juta orang dengan pendapatan terendah.

Baca Juga   Dandim Ajak Anggota Gowes Bareng Komunitas Sepeda Kotabaru

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *