Hadapi Idul Adha Tiga Pilar Lakukan Rapat Kordinasi Bahas Kesiapan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

Topwarta.com,Pelaihari- Jelang Perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H / 2020 M, Tiga Pilar laksanakan Rapat Koordinasi Kesiapan Protokol Kesehatan Dan Pencegahan Covid 19 di Kabupaten Tanah Laut. ( 20/7 )

Rapat koordinasi berlangsung di halaman Polsek Kota Pelaihari, selain membahas Penyelenggaraan Ibadah Hari Raya Idul Adha 1441 H, juga dibahas mengenai kesiapan penanggulangan Karhutla wilayah Kecamatan Pelaihari dan Kecamatan Banjuin.

Kapolsek Kota Pelaihari, Ipda Felly Manurung, S.H., M.H menuturkan, belajar dari pengalaman perayaan Hari Raya Idul Fitri yang lalu, dimana masih banyak ambigu dan kejar-kejaran dengan aturan, maka agar warga di Kabupaten Tanah Laut bisa satu persepsi menjelang perayaan Idul Adha 1441 H dan pemotongan hewan qurban, maka pihak Polsek bersama Koramil serta Camat berinisiatif melaksanakan rapat koordinasi yang dihadiri 4 Kelurahan, 24 Desa dan 1 perwakilan kelompok tani di Kecamatan Pelaihari.

Mengenai tata cara pemotongan hewan qurban sendiri nantinya akan menggunakan 2 dasar acuan, yakni surat edaran Menteri Agama No 18 Tahun 2020 tentang pelaksanaan sholat ied, serta surat edaran Menteri Agama No 31 Tahun 2020 tentang penyembelihan hewan qurban disituasi Pandemi Covid 19.

Diharapkan dari hasil rapat semua pihak bisa bekerjasama sehingga terpetakan semua data, ada berapa jumlah titik pelaksanaan sholat ied, ada berapa titik pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dan siapa yang melaksanakan pemotongan hewan qurban di Kecamatan Pelaihari dan Bajuin.

” Sehingga nanti Puskesmas akan bisa melakukan screening kesehatan terhadap mereka ” jelas Felly Manurung.

Asisten I Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Bambang Kusudarisman mengatakan, saat ini jumlah terkonfirmasi positif Covid 19 diseluruh dunia mencapai 4 juta jiwa, sedangkan untuk Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Tanah Laut menempati posisi ke 3 setelah Kota Madya Banjarmasin dan Banjar.
Untuk itulah dirinya meminta perhatian khusus dan serius jika ingin penyebaran Covid 19 di Tanah Laut turun.

Baca Juga   Sukamta Sumbangkan Gajihnya Lewat Relawan Tala Tanggap Covid-19

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *