DLH Banjarmasin, Akan Ikut Tanganani Sampah di Haul Sekumpul

  • Whatsapp

Topwarta.com,Banjarmasin- Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Marzuki menyatakan siap sebagai inisiator penanganan sampah pasca kegiatan haul akbar ke-15 Syekh Zaini bin Abdul Ghani atau dikenal sebagai Abah Guru Sekumpul yang akan dilaksanakan pada Akhir Februari hingga awal Maret 2020 nanti.

“DLH Banjarmasin siap ikut membantu petugas dan relawan dalam penanganan sampah saat dan pasca acara haul akbar nanti,” ucapnya pada topwarta.com, Selasa (28/01) Siang.

Sementara itu, ia melanjutkan bahwa DLH Kabupaten Banjar sudah melakukan koordinasi dengan posko induk untuk berusaha mengendalikan penggunaan plastik saat haul. “Sesuai kesepakatan jemaah akan dianjurkan untuk meminimalisir penggunaan plastik pada saat acara haul nanti,” tambahnya.

Pria yang kerap disapa Jack itu menjelaskan ada beberapa poin yang sudah disepakati dalam rapat tersebut yaitu, para jemaah dianjurkan untuk membawa botol minum sendiri (thumbler), bagi para penyumbang makanan dan minuman agar bisa menghindari penggunaan botol atau gelas kemasan (cup) serta pembungkus makanan yang berbahan plastik.

penanganan sampah pasca kegiatan haul akbar ke-15

“Soalnya disetiap posko nanti akan disediakan air galon beserta dispenser untuk para petugas dan jemaah haul yang ingin menghilangkan rasa hausnya,” ungkapnya

Jack juga menambahkan bahwa dapur umum sudah diberitahu oleh panitia agar tidak menggunakan kantong plastik saat mengemas makanan. “Selain itu para relawan juga sudah diberi arahan untuk mengumpulkan dan memilah sampah,” tandasnya.

Ia membeberkan, diperkirakan pasca acara haul nanti akan menyisakan sampah sebanyak 700 hingga 800 ton. “kita akan menargetkan selama 3 hari untuk menanganibsemua sampah yang ada, serta akan melibatkan ratusan armada dan dibantu oleh ribuan relawan yang dibagi pada beberapa zona penanganan,” tandasnya.

Baca Juga   Truk Sapi dari Sulawesi Akhirnya Lolos, Walaupun Sempat Dipermasalahkan Warga

Sesuai Kesepakatan, ia menungkapkan bahwa sampah bekas acara tersebut akan diarahkan ke Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Banjarbakula yang ada di Gunung Kupang, Banjarbaru.

Selain itu, pihaknya juga akan mengirimkan satu unit mobil toilet umum untuk memberi pelayanan kepada jamaah haul yang membutuhkannya. “Iya kami akan kirimkan satu unit mobil toilet umum nantinya untuk kenyamanan jemaah,” pungkasnya

“Dalam acara ini, tak kalah penting untuk mengambil berkah dalam perhelatan haul akbar Abah Guru Sekumpul. Berkah haulnya dan berkah juga sampahnya bisa membantu para pemulung, para pengumpul sampah plastik dan lainnya,” tutupnya.

Reporter : Fadlan Zakiri
Editor : Erwand
Foto : Ist

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *