Dishut Kalsel Buat Bahan Disinfektan yang Ramah Lingkungan

  • Whatsapp

Topwarta.com,Balangan– Covid-19 (Corona) yang menyerang secara brutal dihampir seluruh negara di dunia,  termasuk Indonesia, tentunya menjadi momok yang sangat menakutkan.

Berbagai macam upaya dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,  salah satunya melalui sektor kehutanan, Dinas kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Dishut Kalsel). Para rimbawan tentunya tak tinggal diam. Bantuan mesin penghasil asap cair yang di distribusikan  Dishut Kalsel melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan tahun 2019 kepada tiga Kelompok Tani Hutan (KTH),  mencuat ke permukaan sebagai bala tentara tambahan untuk melawan Covid-19.

 

KPH Balangan dan tiga KTH penerima bantuan mesin asap cair yang sudah berproduksi tersebut ikut maju menabuh genderang perang melawan Covid-19.

Penyuluh Kehutanan,  Karnadi mengatakan asap cair yang dihasilkan dari tiga bahan baku berupa sabut kelapa, bambu dan batang pohon karet tua,  nantinya akan dibagikan kepada warga sebagai bahan disinfektan alami yang aman bagi lingkungan dan makhluk hidup lainnya. Bahan itu berguna untuk memagari diri dari Covid-19.

“Selain dibagikan, kami juga akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara serentak di desa-desa,  termasuk wilayah kerja KPH Balangan,” tuturnya kemaren.

Tiga KTH yang memproduksi asap cair seperti yang sudah disebutkan di atas adalah KTH Mungkur Jaring (Desa Padang Raya), KTH Usaha Bersama (Desa Mayanau) dan KTH Rimba Lestari (Desa Ju’uh).

 

 

Reporter/foto : Yudha/ist

Sumber : Dishut Kalsel

Baca Juga   Tempat Wisata Tahura Sultan Adam Ditutup Sementara

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *