Dewan Sambut Baik Wacana Pengangkatan Honorer

  • Whatsapp

Topwarta.com,Banjarmasin- Wacana Pemerintah Pusat untuk pengangkatan Guru Honorer untuk mendapatkan gaji yang layak dan disamaratakan dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) disambut positif oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Selatan.

Menurut Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalsel, H Muhammad Lutfi Saipuddin, wacana itu bisa terwujud apabila dibuatkan program Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Mereka (Honorer) memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan ASN,” ucapnya, (27/1).

Wacana Pengangkatan Honorer

Ia menjelaskan, meski memiliki gaji yang sama dan jenjang karir serta batasan umur dalam program P3K akan tetapi tidak adanya tunjangan pensiunan.

“Ini tentunya sebuah angin segar buat guru-guru honorer, pemerintah bukan hanya pemberi harapan palsu saja, dan teman-teman dipusat terus memperjuangkan,” ujarnya.

Selain itu, program P3K adalah program dari pusat, tentunya alokasi dana disiapkan oleh pusat, kalau dibebankan kepada Pemerintah Daerah tentunya akan memperburuk.

Pasalnya, dalam satu tahun Pemerintahan Kalsel menggelontorkan anggaran sekitar Rp 90 milyar untuk menggajih 6000 ribu tenaga honorer.

“Kalau anggaran P3K kita yang buat, habis anggaran dana Pendidikan kita,” bebernya.

Ia menegaskan dikarenakan ini program dari Pemerintah Pusat, tentunya pusat yang akan menanggung semua anggaran yang akan dikeluarkan.

Selain iti, untuk honorer yang akan masuk dalam program P3K tentunya akan mengikuti tes yang telah ditentukan, sesuai dengan jenjang karier yang dimiliki dan sudah mempunyai pengalaman dibidangnya.

“Tetap melakukan tes, namun tidak seperti peneriman tes CPNS, kita doakan saja lah ini bisa terwujud,” Pungkasnya.

Reporter : Yudha
Editor : Hamdani
Foto : Ist

Baca Juga   Dewan Kalsel Apresiasi Penangkapan Gembong Narkoba Berskala Besar

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *