Butuh Waktu Untuk Adaptasi, Pohon Jokowi Menggersang

  • Whatsapp
Butuh Waktu Untuk Adaptasi, Pohon Jokowi Menggersang

Topwarta.com, Banjarbaru – Pohon Mersawa (Anisoptera Sp.) yang beberapa waktu lalu ditanam oleh Presiden RI, Ir H Joko Widodo di bundaran Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia, kawasan Perkantoran Setda Provinsi Kalsel di Banjarbaru, terlihat meranggas. Ini ditandai dengan daunnya yang mengering dan mulai berguguran.

Peneliti Litbang Kementerian LHK Banjarbaru, Rusmana mengatakan ini adalah hal yang biasa terjadi pada tanaman yang baru dipindahkan. “Apalagi pohon yang dipindahkan relatif besar seperti ini, ya perlu waktu untuk beradaptasi,” ujar Rusmana melalui pernyataan tertulisnya, Senin (17/2) kemarin.

Menurut Rusmana, tindakan pemeliharaan, harus terus dilakukan untuk kelangsungan hidup pohon. Sebagaimana dijelaskan Rusmana, bila tiada hujan pohon harus disiram 2 kali sehari (pagi dan sore). Termasuk balutan pada batangnya. “Pohon disemprot pupuk daun yang mengandung ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) perangsang tunas dan akar, seperti pupuk daun Hantu Jimmy,” tuturnya.

Selain itu, ujarnya penyemprotan pupuk mesti dilakukan pada batang dan daun, cabang dan ranting pohon. “Dilakukan sekali tiap minggunya, pada sore hari setelah jam 4 sore, atau pagi hari sebelum jam 9 pagi,” jelasnya lagi. Untuk mengendalikan hama atau insektan diberikan puradan pada lantai tanah sekitar tanaman 2 minggu sekali dengan dosis 5 gram/m2.

Baca Juga   Dishut Kalsel, Melalui BPTH Kembali Menerima Sumbangan Biji dan Bibit

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *