Bupati Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI Tentang RUU APBN 2021

  • Whatsapp

Topwarta.Com,Pelaihari- Bupati Tanah Laut (Tala) H Sukamta bersama anggota DPRD serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia secara virtual di Gedung Paripurna DPRD Tala. (14/8 )

Pidato kali ini Presiden Joko Widodo menyampaikan Rancangan Undang Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021 beserta nota keuangannya. Sebelumnya pada hari yang sama presiden menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga-lembaga negara .

Dalam pidatonya presiden, menegaskan saat ini harus fokus mempersiapkan diri menghadapi tahun 2021, mengingat ketidakpastian global maupun domestik masih akan terjadi. Dikatakannya, program pemulihan ekonomi akan terus dilanjutkan bersamaan dengan reformasi diberbagai bidang. Kebijakan relaksasi defisit melebihi tiga persen dari PDB masih diperlukan, dengan tetap menjaga kehati-hatian, kredibilitas, dan kesinambungan fiskal.

Dipaparkan presiden, Rancangan kebijakan APBN 2021 pertama diarahkan untuk, mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19, kedua, mendorong reformasi struktural untuk meningkatkan produktivitas, inovasi, dan daya saing ekonomi. Ketiga, mempercepat transformasi ekonomi menuju era digital serta keempat, pemanfaatan dan antisipasi perubahan demografi.

“Karena akan banyak ketidakpastian, RAPBN harus mengantisipasi ketidakpastian pemulihan ekonomi dunia, volatilitas harga komoditas, serta perkembangan tatanan sosial ekonomi dan geopolitik, dan efektivitas pemulihan ekonomi nasional, serta kondisi dan stabilitas sektor keuangan,” jelasnya.

Presiden menyebut pada tahun 2021 untuk anggaran pembangunan infrastruktur sekitar Rp 414 triliun yang utamanya untuk pemulihan ekonomi, penyediaan layanan dasar, serta peningkatan konektivitas.

Baca Juga   TNI dan Polri di Pelaihari Bersinergi Bagi Bingkisan Makanan Siap Saji

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *