BPN Serahkan 28 Sertifikat Tanah milik Pemda Kotabaru

  • Whatsapp
Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kotabaru menyerahkan 28 sertifikat tanah aset milik pemerintah daerah Kotabaru

Topwarta.com, Kotabaru- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kotabaru menyerahkan 28 sertifikat tanah aset milik pemerintah daerah Kotabaru pada kegiatan Cofee Morning di Aula Oproom Setda Kabupaten Kotabaru, Senin (10/02/2020).

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Kepala BPN Kotabaru, Adi Mulyono dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kotabaru, Said Akhmad.

“Tanah aset milik Pemda dapat di sertifikatkan, karena persyaratan seperti surat pernyataan aset dan surat pernyataan penguasaan fisik telah dipenuhi. Maka kami dapat memproses untuk penerbitan tidak terlalu lama.”Ucap Adi kepada para wartawan.

Lanjutnya, dengan menyertifikatkan aset Pemda, maka akan mengurangi risiko hilangnya aset.
“Untuk sementara jumlah Aset Pemda sangat banyak dan bahkan sampai ribuan, sehingga dengan jumlah yang sedemikian banyak. apabila disertifikatkan akan mengurangi resiko hilangnya aset.

Kotabaru dinilai akan menjadi kabupaten penyangga ibu kota negara yang akan pindah ke Provinsi Kalimantan Timur. Maka sangat perlu mempersiapkan diri secara administratif seluruh aset yang dimiliki agar memiliki kekuatan hukum.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kotabaru menyerahkan 28 sertifikat tanah aset milik pemerintah daerah Kotabaru
“sehingga harus mempersiapkan diri secara administrasi untuk kepemilikan aset sertifikat tanah. karena dengan adanya potensi terjadi sengketa, yang dapat merugikan Pemda sendiri.” jelas Adi.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kotabaru menyerahkan 28 sertifikat tanah aset milik pemerintah daerah Kotabaru

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Permukiman dan Pertanahan (PURPP) Kotabaru, Selamat Riyadi menyampaikan bahwa setiap tahun dinasnya telah mengusulkan sertifikasi tanah aset milik Pemda.
“Sejak pada tahun 2019 lalu, kami mengusulkan sebanyak pagu 25 persil tanah aset milik Pemda, dan setelah menjalani proses Alhamdulillah, terealisasi sebanyak 28 sertifikat tanah aset Pemda, ini berarti ada peningkatan dari target tahun lalu. selanjutnya kami akan inventaris tanah aset milik Pemda, dan kami akan proses sertifikasi ke BPN,” ucap Selamat.

Baca Juga   Terkait Status Tanah, DPC BPAN LAI Kirim Surat ke BPN dan BPKAD Tanah Laut

Menyusul dengan itu, Dinas PURPP Kabupaten Kotabaru juga akan melakukan inventarisasi aset yang ada di Kecamatan Pulau Sembilan sambil menunggu ketersediaan anggaran.
“Untuk Sertifikat ini nanti akan dikelola oleh masing-masing SKPD sebagai pengguna anggaran, yang dikoordinasi oleh BPKAD. kami hanya memproses sertifikasinya saja,” tutupnya.

Reporter : Zainuddin
Editor : Akbar Laksana

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *