Akibat Corona, Pendonor Darah PMI Banjarmasin Menurun 80%

  • Whatsapp

Topwarta.com,Banjarmasin- Meningkatnya status siaga Kalimantan Selatan akibat wabah virus Corona atau Covid-19, mengakibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarmasin kehabisan stok darah karena terhentinya kegiatan donor darah keliling.

Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Banjarmasin, Aulia Ramadhan Supit mengatakan jumlah pendonor saat ini berkurang hampir 80 persen, dikarenakan tidak bisa melakukan kegiatan donor darah keliling karena diakibatkan virus Corona atau Covid-19 yang mewajibkan menimalisir sejumlah kegiatan di kerumunan banyak orang.

“Jumlah pendonor berkurang hampir 80 persen. Sedangkan di rumah sakit orang perlu darah dan itu tidak bisa ditunda,” ucapnya saat dijumpai wartawan wartaniaga diruangannya, Kamis (19/3).

Lanjutnya, Ia mengakui kesulitan untuk mencari para pendonor darah untuk memenuhi stok kantong darah di UDD PMI Banjarmasin. Dengan adanya pembatasan kegiatan dimasyarakat, sehingga mobil keliling yang sering beroperasi diberbagai titik saat ini hanya beroperasi di satu titik saja.

“90 persen kegiatan yang melibatkan pihak luar dibatalkan. Hanya satu mobil PMI yang beroperasi di depan Mesjid Sabilal Muhtadin,” ujarnya.

Baca Juga   Perangi Narkoba, Kepala Rutan Klas IIB Pelaihari Lakukan Tes Urine Dijajarannya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *