5 Manfaat Mendengarkan Musik yang Jarang Kita Sadari

  • Whatsapp
manfaat mendengarkan musik

Topwarta.com, Banjarmasin – Mendengarkan musik sudah menjadi kegiatan rutin sehari-hari, musik sudah tidak terpisahkan dari dunia digital saat ini, apalagi didukung dengan adanya perangkat elektronik dan aplikasi yang canggih. Hanya dengan menggunakan Hp Android dan alat streaming musik, kita sudah bisa mendengarkan musik dari berbagai negara dan genre.

Tahukah kamu bahwa musik membawa dampak positif bagi mereka yang mendengarkannya?, ada beberapa manfaat mendengarkan musik yang jarang kita sadari.

Inilah 5 Manfaat  Positif Mendegarkan Musik yang Banyak Orang Tidak Tahu

Punya hobi mendengarkan musik, ternyata mendearkan musik membawa dampak baik bagi tubuh, berikut adalah beberapa manfaat dari mendegarkan lagu bagi tubuh manusia.

1. Memperbaiki Kualitas Tidur

manfaat mendengarkan musik

Susah tidur dimalam maupun siang hari?, mungkin dengan mendengarkan musik bisa menjadi solusi untuk memperbaiki kualitas tidur. Mendengarkan musik yang menenagkan akan membuat jiwa merasa nyaman dan tenang. Banyak orang yang tidak bisa tidur karena hatinya merasa resah, nah dengan mendengarkan musik sebelum tidur bisa menjadi solusi mengatasi susah tidur.

2. Mengurangi Stress

manfaat mendengarkan musik

Manfaat positif mendegarkan musik yang kedua adalah mengurangi stress yang berlebihan. Lagu Jazz adalah genre yang cocok dan tenang untuk  mengurangi stress. Apa lagi saat ini sudah banyak lagu jazz yang romantis dan indah, cobalah tarik nafas dalam-dalam dan bayangkan sesuatu yang romantis.

3. Menjadi Mood Booster

manfaat mendengarkan musik

Manfaat mendegarkan musik selanjutnya adalah menjadi Mood Booster atau sesuatu yang dapat mendongkrak motivasi. Nah dengan mendengarkan lagu yang memiliki semangat tinggi, bisa menjadi pemicu dalam menjalankan kehidupan menjadi penuh motivasi.

4. Meredakan Rasa Sakit

Meredakan rasa sakit tidak harus menggunakan obat, ternyata manfaat mendegarkan musik bagi kesehatan sangat bersar, yaitu bisa meredakan rasa sakit. Karena mendegarkan lagu bisa membuat tenang, tentu saja didukung dengan pemilihan musik yang menenagkan.

Baca Juga   8 Tips untuk Mahasiswa agar Dompet Tetap Terisi hingga Akhir Bulan

5. Meningkatkan IQ

manfaat mendengarkan musik

Siapa bilang IQ hanya bisa meningkat jika kita rajin belajar saja, faktanya mendengarkan musik bisa kok meningkatkan IQ kita. Coba kamu belajar sambil mendengarkan musik, tujuannya adalah untuk memengaruhi otak agar bisa bekerja lebih maksimal.

Kesimpulan

Mendegarkan musik memang memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh, namun harus kamu imbangi dengan kegiatan lain. Jangan semata-mata musik mempunyai manfaat ang besar, terus kamu mendegarkan semua lagu yang ada di dunia ini. Degarkan musik secukupnya saja, sesuai dengan kebutuhan.

Itulah manfaat mendengarkan musik yang jarang kita tau, semoga artikel di atas bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Penulis : Suharmadi
Referensi :

– Tipspintar.com
– Kompasiana.com
– Pixabay.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *