212 Barbuk Curanmor Diamankan Polda Kalsel dalam 12 Hari

  • Whatsapp
Sebanyak 191 kendaraan bermotor roda dua dan 21 kendaraan roda empat

Topwarta.com, Banjarmasin- Sebanyak 191 kendaraan bermotor roda dua dan 21 kendaraan roda empat barang bukti pencurian diamankan Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalimantan Selatan dalam Operasi Jaran Intan 2020. Dalam operasi yang dilaksanakan selama 12 hari sejak 7 Februari 2020 itu, polisi juga menangkap 147 tersangka yang terlibat langsung dalam kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Kapolda Kalsel, Irjen Pol Yazid Fanani menyampaikan dalam operasi ini anggotanya tidak hanya menangkap pelaku utama curanmor, namun juga menyasar pihak-pihak lain yang terlibat dan bekerjasama dengan pelaku.

“Terkait dengan kegiatan operasi jaran, titik berat sasaran adalah orang pelaku, penadah, pemetik, kemudian barang hasil dari pencurian, kemudian tempat dan juga kegiatan. Dari seluruh tersangka, yang masuk dalam TO (red : Target Operasi) 65 orang dan yang non TO 82 orang.” Ucapnya dalam Konferensi Pers Hasil Operasi Jaran Intan 2020, di Halaman Gedung Ditreskrimum Polda Kalsel, Kamis (20/02/2020).

Dalam operasi tahunan ini Polda Kalsel sendiri mengerahkan 104 personil, sementara Satuan Kewilayahan di bawah Polda yakni Polresta dan Polres di 13 Kabupaten/Kota total mengerahkan 410 personil.

Menurut Kapolda, dibandingkan dengan Operasi Jaran Intan tahun 2019 terjadi peningkatan hasil tangkapan sebanyak 1,75 persen.

“kita harapkan dengan kegiatan operasi ini kita bisa menekan dan meniadakan pelaku sindikat pencuri kendaraan bermotor, kita harapkan mereka mendapatkan keputusan hukum yang sesuai sehingga kedepan curanmor di kalsel ini bisa di eliminir” lanjut Yazid Fanani yang berpangkat bintang dua ini.

Sebanyak 191 kendaraan bermotor roda dua dan 21 kendaraan roda empat

Pelaku curanmor dibawah umur ikut terjaring

Dari 147 tersangka yang diamankan, beberapa diantaranya merupakan anak dibawah umur. Seperti salah seorang tersangka yang diamankan Polres Banjarbaru, FH (15) mengaku bersama teman-temannya berhasil mencuri enam sepeda motor untuk digunakan balapan liar.

Baca Juga   Tindak Tegas, Bupati Sukamta Optimalkan Tim Satgas Gabungan Lakukan Patroli

FH sengaja bersama kawanannya menarget kendaraan roda dua yang terparkir tanpa dikunci setang. Dengan begitu ia bisa langsung membawa lari kendaraan hanya dengan menuntunnya kabur kerumah. Salah satu sepeda motor yang berhasil ia ambil adalah milik warga yang terparkir didepan rumah komplek Banjarbaru Asri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *